top


PDF Print
Monday, 23 March 2009 15:18

A.     Sistem Penyelenggaraan Pendidikan

Program studi Ekonomi Pembangunan UPN “Veteran” : Jawa Timur menyelenggarakan program pendidikan dengan menggunakan satuan kredit semester (SKS) untuk menyatakan beban studi mahasiswa beban kerja dosen, pengalaman belajar, dan beban penyelenggaraan program.

     Satuan kredit semester adalah takaran penghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh selama satu semester melalui kegiatan terjadwal per minggu sebanyak 50 menit perkuliahan atau 60 menit praktikum, yang diiringi oleh sekitar 50-60 menit kegiatan terstruktur dan 50-60 menit kegiatan mandiri.

1.       Kegiatan terjadwal adalah kegiatan belajar dengan dosen secara terjadwal

2.       Kegiatan terstruktur adalah kegiatan belajar yang direncanakan oleh dosen, tetapi tidak terjadwal.

3.       Kegiatan mandiri adalah kegiatan belajar yang dilakukan oleh mahasiswa atas prakarsa sendiri untuk mendalami materi atau untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen.


B.   Kurikulum

Program studi Ekonomi Pembangunan FE UPN “Veteran” Jawa Timur menggunakan kurikulum yang disusun berdasarkan kebutuhan pasar (stake holder, pengguna lulusan) dengan beban studi minimal 144 SKS, secara normal seorang mahasiswa dapat menyelesaikan beban studi tersebut studi dalam waktu 3,5 tahun.

Kegiatan Pendidikan

Kegiatan pendidikan di Program studi Ekonomi Pembangunan FE UPN “Veteran” Jawa Timur dalam satu tahun akademik dibagi menjadi semester gasal, semester genap, dan semester pendek (jika dipandang perlu). Pelaksanaan kegiatan pendidikan dalam satu tahun akademik ditetapkan oleh FE UPN “Veteran” Jawa Timur dengan mengacu pada kalender akademik.

1.    Jenis perkuliahan

Masa perkulilahan dibedakan atas perkuliahan teori, perkuliahan praktek dan prakatek laboratorium.

a.   Perkuliahan teori adalah perkuliahan yang berupa kajian dan penguasaan teori

b.   Perkuliahan prakatek adalah perkuliahan yang berupa pelatihan memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan teori

c.   Prkatek laboratorium adalah perkuliahan yang berupa aplikasi pengujian teori dalam situasi dan kondisi yang terbatas

d.   Laboratorium Komputer adalah perkuliahan yang berupa aplikasi dengan menggunakan sarana komputer sesuai dengan bidang/jurusan masing-masing

e.   Perkuliahan selektif merupakan perkuliahan untuk matakuliah tertentu yang diselenggarakan secara sentralistik oleh universitas pada pusat-pusat yang ada dilingkungan UPN “Veteran” Jatim

 

1. Silabus

Pada setiap awal semester, dosen pengasuh menyampaikan silabus kejurusan masing-masing yang antara lain memuat :

a.     Matakuliah selama satu semester

b.     Macam dan banyaknya tugas yang harus diselesaikan oleh mahasiswa-peserta dan bobot penilaian untuk tiap-tiap tugas

c.     Materi ujian tengah semester dan ujian akhir


2.             Ketidak hadiran Dosen

Apabila dosen berhalangan hadir dalam memberikan kuliah dosen yang bersangkutan secepat mungkin memberitahu petugas perkuliahan untuk disampaikan kepada mahasiswa-peserta. Dosen yang bersangkutan mengganti pelaksnaan perkuliahan yang terhalang pada kesempatan lain.

3.             Peserta Kuliah

Mahasiswa yang berhak mengikuti kegiatan perkuliahan suatu matakuliah adalah mahasiswa yang namanya tercantum dalam daftar peserta kuliah. Dalam kegiatan perkuliahan setiap mahasiswa perlu mengikuti kegiatan perkuliahan secara teratur. Kehadiran mahasiswa akan menentukan berhak tidaknya mahasiswa tersebut mengikuti ujian. Kehadiran mahasiswa minimal 70% dari riil kuliah yang dilaksanakan. Bagi mahasiswa yang tidak memenuhi ketentuan tersebut, tidak diperkenankan mengikuti ujian akhir semester.

C.            Masa Studi

Masa studi normal untuk menyelesaikan semua beban studi sebanyak minimal 144 SKS adalah 4 tahun. Penentuan masa studi normal ditentukan sebagai berikut :

1.     Masa studi normal bagi mahasiswa baru dihitung sejak saat seseorang pertama kali terdaftar sebagai mahasiswa FE UPN “Veteran” Jawa Timur, diluar berhenti sementara (cuti kuliah).

2.     Masa studi normal bagi mahasiswa alih jalur dan alih program disetarakan dengan telah menempuh 4 semester di FE UPN "Veteran" Jawa Timur, diluar berhenti sementara (cuti kuliah).

D.            Beban Studi

Jumlah beban studi mahasiswa pada masing-masing program studi sekurang-kurangnya 144 SKS.

 

Beban studi maksimum yang boleh diambil mahasiswa dalam suatu semester berpedoman pada besarnya Indeks Prestasi Semester (IPS) yang telah dicapai pada semester sebelumnya sebagai berikut :

IPS

Beban Studi Maksimum

³ 3,00

24 SKS

2,50 – 2,99

22 SKS

2,00 – 2,49

20 SKS

1,50 – 1,99

17 SKS

< 1,50

14 SKS

 

1.      Beban Studi Awal

Penentuan beban studi awal bagi mahasiswa baru, mahasiswa alih jalur dan mahasiswa alih program ditentukan sebagai berikut :

a.     Mahasiswa Baru

1)    Pada tahun pertama (semester gasal, semester genap, semester pendek), beban studi matakuliah-matakuliah paket ditentukan oleh ketua jurusan masing-masing.

2)    Pada semester-semester berikutnya, beban studi ditentukan berdasarkan IPS yang baru lalu.

b.     Mahasiswa alih jalur dan alih program

1)    Pada satu semester pertama beban studi dan matakuliah-matakuliah ditentukan oleh ketua jurusan masing-masing

2)    Pada semester-semester berikutnya beban studi ditentukan berdasarkan IPS yang baru lalu.

2.      Pemilihan Matakuliah

Dasar memilih matakuliah pada suatu semester, setiap mahasiswa perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

a.     Pedoman urutan pengambilan matakuliah. Perhatikan pedoman tersebut pada BAB selanjutnya yang memuat tentang kurikulum

b.     Matakuliah prasyarat : matakuliah prasyarat perlu ditempuh lebih dahulu sebelum menempuh matakuliah yang menuntut prasyarat.

c.     KKN (bagi mahasiswa yang mengambil KKN) KKN boleh diambil apabila mahasiswa yang bersangkutan telah mencapai sekurang-kurangnya 100 SKS dengan IPK ³ 2 tak ada nilai E dan telah mengikuti kegiatan ilmiah dilingkungan Fakultas Ekonomi sesuai dengan kredit point kegiatan yang ditentukan oleh jurusan masing-masing.

d.     Skripsi (bagi mahasiswa yang memprogram skripsi) : skripsi boleh diprogram apabila mahasiswa yang bersangkutan telah mencapai sekurang-kurangnya 110 SKS dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,00, tidak ada nilai E, mata kuliah metodologi penelitian minimal nilai C.

e.     Batas waktu bimbingan skripsi selama satu tahun, jika belum selesai dapat mengajukan perpanjangan satu tahun lagi yang merupakan batas waktu terakhir untuk bimbingan skripsi.

3.      Perencanaan Beban Studi

Masa perencanaan beban studi tiap semester ditetapkan dalam kalender akademik. Dalam merencanakan beban studi, mahasiswa perlu mengikuti kegiatan bimbingan rencana studi (BRS) yang dibimbing oleh pembimbing akademik dengan berpedoman pada :

a.     IPS reguler yang baru saja dijalani

b.     Kurikulum

c.     Daftar matakuliah yang ditawarkan

d.     Prasyarat matakuliah

e.     Jadwal matakuliah

 

4.     Ujian Komprehensif (Ujian Skripsi)

Merupakan evaluasi belajar terakhir dalam menyelesaikan studinya di fakultas ekonomi untuk memperoleh gelar sarjana ekonomi, maka untuk dapat mengikuti ujian komprehensif ini dipersyaratkan sebagai berikut:

a.       Telah menyelesaikan seluruh matakuliah yang dipersyaratkan pada kurikulum masing-masing program studi dengan ketentuan minimal 138 SKS.

b.       Telah memenuhi TOFLE minimal dengan nilai 450 pada saat mendaftar ujian skripsi.

c.        Telah memenuhi kredit kegiatan ilmiah ekstra kurikuler yang ditentukan oleh masing-masing program studi/jurusan.

 

E.    Evaluasi Hasil Belajar

a.             Evaluasi Pendidikan

1.     Untuk mengetahui kemajuan belajar mahasiswa diperlukan evaluasi hasil belajar.

2.     Evaluasi pertama dilaksanakan pada 2 tahun pertama (semester 1 s/d 4), dalam hal ini mahasiswa diwajibkan telah memenuhi persyaratan akademik yakni :

a.     Jumlah SKS minimum yang diperoleh 35 SKS tidak terdapat nilai E dan nilai D maksimum 25 %.

b.     Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ³ 2,00

3.     Evaluasi kedua dilaksanakan pada 2 tahun kedua (semester 5 s/d 8), dalam hal ini mahasiswa diwajibkan telah memenuhi persyaratan akademik yakni :

a.     Jumlah SKS minimum yang diperoleh 70 SKS tidak terdapat nilai E dan nilai D maksimum 25 %.

b.     Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ³ 2,00

4.     Jika hasil evaluasi pada 2 tahun pertama atau pada 2 tahun kedua, maka dinyatakan Drop Out.

5.     Batas waktu Program pendidikan Sarjana (S1) harus telah diselesaikan paling lama 14 (empat belas) semester.

6.     Batas waktu revisi ujian skripsi selama 1 (satu) bulan stelah ujian dilaksanakan, jika tidak dapat menyelesaikan dalam waktu yang ditentukan, maka berhak mengajukan perpanjangan revisi selama-lamanya 1 (satu) bulan, jika belum dapat menyelesaikan pada masa perpanjangan, maka dilakukan ujian skripsi ulang.

b.     Nilai akhir keberhasilan mahasiswa dalam suatu matakuliah dinyatakan dengan huruf, disebut huruf mutu dan bobot kuantitatifnya (angka mutu), disebut angka mutu sebagai berikut :

 

Nilai Angka

Nilai Huruf

Angka Mutu

≥ 80 - 100

 A

4.00

≥ 75 < 80

  A-

3.75

≥ 70 < 75

  B+

3.50

≥ 66 < 70

B

3.00

≥ 62 < 66

 B-

2.75

≥ 58 < 62

  C+

2.50

≥ 55 < 58

 C

2.00

≥ 51 < 55

  C-

1.75

≥ 47 < 51

   D+

1.50

≥ 44 < 47

D

1.00

<44

E

0.00

 

c.             Tingkat keberhasilan belajar mahasiswa untuk semua matakuliah yang diambil pada suatu semester dinyatakan dengan bilangan yang disebut Indeks Prestasi Semester (IPS), dan untuk semua matakuliah yang diambil sampai dengan suatu semester dinyatakan dengan bilangan yang disebut Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

1)    IP ditulis sampai dengan dua angka dibelakang koma. Besar IPS dan IPK dihitung dari jumlah hasil kali antara besar kredit (K) dan angka mutu (A) dibagi jumlah kredit yang diambil.

2)    Apabila suatu matakuliah memiliki dua nilai atau lebih yang berbeda, penghitungan IPK didasarkan pada nilai dengan bobot nilai tertinggi.

d.             Predikat kelulusan

1)    Predikat hasil kelulusan atau kualitas yudisium ditetapkan berdasarkan IPK dari hasil semua kegiatan akademika yang diwajibkan. IPK dan predikat kelulusan ditentukan sebagai berikut :

IPK

Predikat

2,00 – 2,75

2,76 – 3,50

3,51 – 4,00

Memuaskan

Sangat memuaskan

Cum Laude

 

2)    Predikat kelulusan Cum Laude ditentukan juga dengan memperhatikan masa studi maksimum, yaitu n tahun (masa studi normal) + 1 tahun.

3)    Predikat kelulusan Cum Laude bagi mahasiswa alih jalur dan alih program ditetapkan dengan ketentuan sebagai berikut :

a)    Mencapai IPK sekurang-kurangnya 3,51

b)    Mencapai IPK sekurang-kurangnya 3,51 untuk semua matakuliah yang ditempuh di FE UPN "Veteran" Jawa Timur

c)     Masa studi di FE dan perguruan tinggi asal tidak lebih dari 4 tahun.

 

F.            Penilaian

1.      Nilai UTS atau UAS

Penilaian UTS dan UAS diberikan dengan nilai mentah (Raw Score) yaitu antara 0 s/d 100, sudah diperhitungkan nilai tugas-tugas khusus tersebut.

2.             Bobot Nilai UTS dan UAS

Nilai UTS dan UAS diberi bobot masing-masing 40 % dan 60 % dengan catatan bahwa materi UAS mencakup materi dan awal sampai dengan akhir semester.

3.      Cara Penilaian

Digunakan Penilaian Acuan Patokan, yaitu cara penilaian berdasarkan suatu patokan yang sudah ditentukan sebelum penilaian dilaksanakan.

Daftar Mata Kuliah Wajib Program Studi Ekonomi Pembangunan

 

Se-mes-
ter

Kode/

Nomer

Mata-kuliah

Nama

Mata Kuliah

 

 

SKS

 

 

Dosen Pengajar

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

I

UPK 1001

AGAMA ISLAM

2

Drs. Zawawi, MPd.

 

UPK 1011

PANCASILA

2

Drs. K. Eko Pranoto, MM

 

DKK 1028

BAHASA INGGRIS I

2

PUSBA UPNV Jatim

 

DKK1016

PENGANTAR EKONOMI MAKRO

3

Prof. Dr. H. Djohan Mashudi, MS

 

DKK1012

PENGANTAR BISNIS

3

Ir. Hamidah hendrarini, MSi

 

DKK1010

PENGANTAR AKUNTANSI

2

Dra. Ec. Sari Handayani, Ak, MSi

 

UKK1109

BAHASA INDONESIA

2

Dra.  Siti Ning Farida, MSi

 

DKK1025

MATEMATIKA EKONOMI I

3

Dr. Hj. Muchtolifah, MP

 

UPK1010

WIDYA MWAT YASA

2

Drs. Eko Prijanto, MS

Jumlah SKS

21

 

 

II

UPK 2210

KEWARGANEGARAAN

2

 

 

DBB 2022

ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI

2

H. Sutrisno, SH. MHum

 

DKK 2011

PENGANTAR  EKONOMI MIKRO

3

Drs.Ec. Patrap Wiprapto, MS

 

DKK 2019

PENGANTAR MANAJEMEN

3

Ir. Hamidah Hendrarini, MSi

 

DKK 2117

PENGANTAR  AKUNTANSI PERBANKAN

3

Dra.Ec. Sari handayani, Ak. MSi

 

DKK 2123

BAHASA INGGRIS II

2

PUSBA UPN ”Veteran” Jatim

 

DKK 2126

STATISTIK I

2

 

 

DKK 2140

MATEMATIKA EKONOMI II

3

Dr. Hj. Muchtolifah, MP

Jumlah SKS

20

 

 

III

DKK 3118

PENG. EK. PEMBANGUNAN

2

Dr. Syamsul Huda, MT

 

SKB 3242

ESDA DAN LINGKUNGAN

2

Drs.Ec. Suwarno, ME

 

DKK 3120

EKONOMI KOPERASI

3

Dr. Syamsul Huda, MT

 

SKB 3023

BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN

3

Dr. Sri Muljaningsih, SE,MP

 

DKK 3129

STATISTIK II

2

Dra. Ec. Niniek Imaningsih, MP

 

SKB 3038

SISTEM EKONOMI

2

Dr. Sri Muljaningsih, SE, MP

 

SKB 3039

SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI

3

Drs. Ec. Rofiq Dimjatie, MM

 

SPB 3041

KEWIRAUSAHAAN

2

Dr. Syamsul Huda, MT

 

DKK 3029

PENG. APLIKASI KOMPUTER

2

Rico Setya, SE. MM

 

21

 

 

IV

SKB 4155

MANAJEMEN PERBANKAN

3

Drs. M. Arsyad, MM

 

SKB 4131

EK. MIKRO LANJUTAN

3

Drs. Ec. Firma Rosjadi, MT

 

SKB 4132

EK. MAKRO LANJUTAN

3

Dr. Hj. Muchtolifah, MP

 

SKB 4141

E S D M

3

Ir. Hamidah Hendrarini, MSi

 

SKB 4157

PERENCANAAN PEMB.

3

Dr. Ignatia Martha H, SE, ME

 

SKB 4133

EKONOMI MONETER

3

Drs. M. Taufiq, MM

 

SKB 4054

EKONOMI INDUSTRI

3

Dra. Ec. Titik Nurhidayati, MM

 

 

 

21

 

 

 

 

 

 

V

SKB 5119

PEREKONOMIAN IND.

3

Suwarno, SE, ME

 

SKB 5135

EKONOMI PUBLIK  I

3

Drs. Ec. Marseto, MSi

 

SKB 5143

RISET OPERASIONAL

3

Dr. Malikul Adil, MM

 

SKB 5122

PASAR MODAL

3

Drs. Ec. Sjahril Majedi, MM

 

SKB 5151

MANAJEMEN KEUANGAN

3

Dr. Wispandono, MS

 

SKB 5142

EK. INTERNASIONAL

3

Dra. Zamidah, MM

 

SKB 5054

EKONOMI PEMBANGUNAN I

3

Dr. Syamsul Huda, MT

 

 

 

21

 

 

 

 

 

 

VI

DKK 6128

METODE PENELITIAN

3

Dr. Syamsul Huda, MT

 

DKK 6152

EKONOMETRIKA

3

Drs. Ec. Arief Bachtiar, MSi

 

SKB 6147

EK. PUBLIK LANJ.

3

Dra. Ec. Ninik Imaningsih, MP

 

SKB 6146

EK. PEMBANGUNAN  II

3

Dr. Syamsul Huda, MT

 

SKB 6156

KEUANGAN INTERNASIONAL

3

Dra. Ec. Ririt Iriani, ME

 

 

UBB 6110

KKN

2

TIM

 

 

 

17

 

 

 

 

 

 

VII

SKB 7143

MASALAH KEBIJAS. PEMB.

3

Drs. Ec. Arief Bachtiar, MSi

 

SKB 7065

LAB. ANALISIS KUANTITATIF

2

TIM

 

UBB 7110

SKRIPSI

6

 

 

 

 

11

 

 

 

DAFTAR MATA KULIAH KONSENTRASI DAN PILIHAN PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBNGUNAN

              

            KONSENTRASI : PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH

 

NO

KODE M.K

MATA KULIAH

SKS

DOSEN PENGAJAR

1

SKB 7251

PERENCANAAN PEMB. DAERAH*

3

Dr. Ignatia Martha H, SE, ME

2

SKB 7252

EKONOMI REGIONAL

2

Drs. Ec. Patrap Wiprapto, MS

3

SKB 7255

EVALUASI SEKTOR PUBLIK

2

Drs. Dahan Hamimiar, MM

4

SKB 7256

SEMINAR KEBIJAK. PUBLIK*

3

Kiki Asmara, SE, MM

5

SKB 7257

KEUANGAN DAERAH

2

Drs. Kunto Inggit, MM

6

SKB 7259

LAB. PERENCANAAN KOTA / DAERAH*

2

TIM

 

 

                       KONSENTRASI : PERDAGANGAN INTERNASIONAL DAN INVESTASI

 

NO

KODE M.K

MATA KULIAH

SKS

DOSEN PENGAJAR

1

SKB 7351

MULTINATIONAL CORPORATION

2

Drs. Ec. Wiwin Priana, MT

2

SKB 7352

SEMINAR KEUANGAN INTERNASIONAL*

3

Drs. Rudy Santoso, MM

3

SKB 7355

EK. MONETER INTERNASIONAL

2

Drs. Fajar, MM

4

SKB 7356

LAB. INVESTASI KEUANGAN*

2

TIM

5

SKB 7357

EVALUASI PROYEK

2

Sishadiyati, SE, MM

6

SKB 7359

MANAJEMEN INVESTASI*

3

Drs. M. Taufiq, MM

 

                    

                       KONSENTRASI : PERBANKAN

 

NO

KODE M.K

MATA KULIAH

SKS

DOSEN PENGAJAR

1

SKB 7151

KEBANKSENTRALAN*

3

Drs. Ec. Arief Bachtiar, MSi

2

SKB 7152

KEBIJAKAN PERBANKAN

2

Dra. Ec. Sri Mulyaningsih, MP

3

SKB 7155

MANAJEMEN PERBANKAN*

3

Drs. M. Arsyad, MM

4

SKB 7156

LAB. PERBANKAN*

2

TIM

5

SKB 7157

PERBANKAN SYARIAH

2

Drs. Ec. Sjahril Majedi, MM

6

SKB 7159

MANAJEMEN KEU. BANK

2

Dra. Ec. Ririt Iriani, ME

 

 

DISKRIPSI  MATAKULIAH  PROGRAM STUDY  ILMU EKONOMI

MATAKULIAH                                        : SISTEM EKONOMI (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Merupakan kajian tentang berbagai konsep dari system ekonomi yang secara empiris telah berlaku pada berbagai Negara yang berbasis pada sejarah dan pemikiran-pemikiran serta tujuan-tujuan ekonomi yang hendak dicapai

 

MATAKULIAH                                        : MASALAH KEBIJAKAN PEMBANGUNAN (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT

Mempersiapkan mahasiswa agar mampu mengidentifikasikan masalah dan membuat kebijakan-kebijakan yang efektif dan efisien dengan dilandasi keadilan. Berbagai kebijakan yang dipelajari antara lain pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan, kebijakan moneter dan fiscal dalam kaitannyadengan pertumbuhan ekonomi, kebijakan perdagangan internasional, kurs dalam kaitan dengan kesejahteraan masyarakat.

                                               

MATAKULIAH                                        : LABORATORIUM PERBANKAN (2 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Mempersiapkan mahasiswa agar mampu mengukur kemampuan manajemen bank dalam usaha meningkatkan profitabilitas yang optimum dalam pengelolaan sumber dana, pengelolaan kredit, pendapatan dan interest base income dan fee base income. Mampu mengukur (rating) financial performance guna memperoleh industri banking dan bagaimana industri perbankan taat pada aturan prudential banking.

 

MATAKULIAH                                        : MATEMATIKA EKONOMI I  (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar matemática, himpunan dan sistem bilangan logaritma, deret hitung dan deret ukur, relasi dan fungsi, diferencial integral serta aplikasi dari konsep tersebut dalam bidang ekonomi dan bisnis. Mempelajari bagaimana melihat fenomena ekonomi dengan pendekatan matematisnya dan solusi secara matematis dalam memecahkan masalah-masalah ekonomi.

 

 

 

MATAKULIAH                                        : EKONOMI PUBLIK LANJUTAN (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Mata kuliah ini mendiskusikan isu internasional berkaitan dengan kebijakan publik, excess burder of taxation, public finance, government finance dan fiscal federalism, analisis privatization of social security system.

 

MATAKULIAH                                        : KEUANGAN INTERNASIONAL (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Mata kuliah ini mempelajari hubungan antara exchange rate dan economic variables dan kekuatan-kekuatan yang mempengaruhi hubungan tersebut. Menjelaskan managerial perspective dengan focus pada management of exchange, corporate management pada assets dan Libilities.

 

MATAKULIAH                                        : EKONOMI PUBLIK I (3 SKS)

Mata kuliah ini Membahas tentang struktur APBN, peranan APBN terhadap sector lain, penerimaan pemerintah, pengeluaran pemerintah, pajak langsung dan tak langsung, kebijakan fiscal, hukum negara dan pengeluaran pajak terhadap perekonomian.

 

MATAKULIAH                                        : SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN  (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Mata kuliah ini membahas tentang peranan sumber daya alam di dalam pembangunan ekonomi. Dengan demikian pengelolaan sumber daya alam harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab agar pembangunan ekonomi berjalan terus demi kesejahteraan manusia dan sekaligus melestarikan sumber daya alam.

 

MATAKULIAH                                        : PEREKONOMIAN INDONESIA (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Memperkenalkan mahasiswa pada pengetahuan berbagai tahapan dan permasalahan ekonomi indoensia. Pembahasan dimulai dengan mengetengahkan berbagai proses yang menyertai pembangunan ekonomi seperti proses akumulasi, alokasi sumber daya, factor-faktor demografi dan distribusi pendapatan, kemudian kajian dilanjutkan dengan masalah strategi, peranan dan kebijakan pemerintah pada berbagai aspek perekonomian (analisis APBN, Neraca Pembayaran, pendapatan Nasional, Sumber daya Manusia dan Distribusi pendapatan nasional – Regional)

 

MATAKULIAH                                        : MATEMATIKA EKONOMI II (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Mata kuliah ini membahas differensial tingkat tinggi, matriks dan penggunaannya secara komprehensif dalam nilai ekstrim, optimasi multivariate linier dan non linier dalam berbagai aplikasi ekonomi.

 

 

MATAKULIAH                                        : TEORI EKONOMI (MIKRO) (4 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Mempelajari scarcity dengan memilih berbagai alternative,  teori biaya dan hubungannya dengan factor-faktor produksi, bagaimana mengembangkan tool dalam ekonomi mikro untuk menjelaskan berbagai pilihan produksi secara individual maupun agregat.

 

MATAKULIAH                                        : TEORI EKONOMI MAKRO

DESKRIPSI SINGKAT                 

Memberikan pemahaman mengenai variabel makro, pasar barang dan pasar uang, pasar tenaga kerja, pasar luar negeri berdasarkan teori klasik dan Keynes. Teori konsumsi dan Investasi, keseimbangan pasar barang dan pasar uang. Kurva IS – LM, inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

 

MATAKULIAH                                        : EKONOMI SUMBER DAYA MANUSIA (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Memberikan pemahaman tentang konsep dasar sumber daya manusia, pokok permasalahan SDM dan selanjutnya diberikan teori dan studi empiris, implikasi dari teori yang diajarkan dan kebijakan-kebijakan dibidang SDM.

 

MATAKULIAH                                        :Ekonomi Internasional   (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Merupakan kajian tentang teori dan kebijakan hubungan ekonomi antar negara (aspek perdagangan, aliran modal maupun aspek keuangan / moneter serta organisasi perdagangan internasional dan integrasi sistem ekonomi internasional dan pengaruhnya terhadap ekonomi nasional.

 

MATAKULIAH                                        : PENGANTAR EKONOMI MAKRO (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Mengetahui aspek-aspek permasalahan ekonomi, memahami corak kegiatan ekonomi, mengetahui pengertian pendapatan nasional secara umum beserta aspekaspeknya, mengetahui berbagai keterkaitan, pengertian dalam ilmu ekonomi secara umum, mengetahui berbagai keterkaitan pengertian dalam ekonomi makro.

MATAKULIAH                                        : EKONOMI INDUSTRI (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Ekonomi Industri merupakan salah satu penerapan ekonomi mikro. Mata kuliah ini membahas permasalahan struktur, perilaku dan kinerja industri, pengaruh struktur pada penerapan harga dan kesejahteraan masyarakat dan usaha yang mempengaruhi industri oleh pemerintah.

 

MATAKULIAH                                        : STATISTIK II  (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Membahas berbagai macam konsep (teori) maupun metode statistik yang selanjutnya dapat digunakan melakukan interpretasi terhadap berbagai macam data penelitian dan sekaligus pula mengetahui alat-alat analisa apa saja yang dibutuhkan sesuai dengan masalah yang dihadapi.

 

MATAKULIAH                                        : EKONOMI KOPERASI (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Matakuliah ini menjelaskan tentang perkoperasian yang meliputi asas dan teori perkoperasian yang dikaitkan dengan disiplin ilmu ekonomi dan lainnya dan pada akhirnya koperasi sebagai suatu system diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat.

 

MATAKULIAH                                        : BANK & LEMBANGA KEU LAINNYA (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Menjelaskan kepada mahasiswa bahwa lembaga keuangan tidak hanya berupa lembaga perbankan saja melainkan lembaga keuangan bukan bakn yang dapat dijadikan sebagai alternatif pembiayaan selain sektor non bank.

 

MATAKULIAH                                        : EKONOMI MONETER (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                

Mata Kuliah ini merupakan pengantar pengetahuan ilmu ekonomi yang menekankan pada kajian tentang peranan uang, permintaan dan penawarannya dan perilaku-perilaku satuan ekonomi yang bergerak disektor moneter (penabung, investor, Bank sentral / komersial dan pasar modal) serta interaksinya dengan berbagai variable ekonomi baik secara parsial maupun secara keseluruhan dalam konteks suatu perekonomian.

 

MATAKULIAH                                        : SISTEM EKONOMI (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Merupakan kajian tentang berbagai konsep dari sistem ekonomi yang secara empiris telah berlaku pada berbagai negara yang berbasis pada sejarah dan pemikiran-pemikiran serta tujuan-tujuan ekonomi yang hendak dicapai.

 

MATAKULIAH                                        : MASALAH KEBIJAKAN PEMBANGUNAN  (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Mempersiapkan mahasiswa agar mampu mengidentifikasikan masalah dan membuat kebijakan-kebijakan yang efektif dan efisien dengan dilandasi keadilan. Berbagai kebijakan yang dipelajari antara lain pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan kebijakan moneter dan fiskal dalam kaitan dengan pertumbuhan ekonomi, kebijakan perdagangan internasional, kurs dalam kaitan dengan kesejahteraan masyarakat.

 

MATAKULIAH                                        : KEWIRAUSAHAAN (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Matakuliah ini memberikan pengertian, konsep dan praktek kewirausahaan. Pembahasan matakuliah ini diharapkan mampu mencipatakan peluang dan mendorong tumbuhnya semangat wirausaha bagi mahasiswa.

 

MATAKULIAH                                        : MANAJEMEN INVESTASI (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Matakuliah ini membahas mengenai konsep dasar dan surat berharga serta beberapa konsep statisik yang digunakan dalam analisa portofolio. Setelah itu dibahas mengenai konsep-konsep dan model-model penggabungan saham-saham agar menjadi portofolio yang optimal serta bagaimana menilai dan menentukan saham.

 

MATAKULIAH                                        :  MANAJEMEN PERBANKAN (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Manajemen perbankan adalah kelanjutan BLKL, Pnekanan mata kuliah ini pada aspek – aspek operasional bank, yang secara garis besar meliputi aspek-aspek lembaga keuangan, mekanisme kerja dan struktur bank umum, perencanaan bank umum, manajemen dana atau modal bank, sumber dan penggunaan dana bank.

 

 

MATAKULIAH                                        : PENGANTAR BISNIS (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Matakuliah ini menjelaskan konsep 2 fungsi bisnis maupun trend yang berkembang ini serta pengaruhnya terhadap perekonomian nasional dan perangkat organisasi yang dipergunakan untuk menjalankan bisnis secara efektif, efisien dan produktif.

 

MATAKULIAH                                        : MANAJEMEN STRATEGI (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Matakuliah ini dirancang untuk dapat memahami proses manajemen strategi mulai formulasi strategi, analisa strategi dan implementasi strategi, yang mencakup peran manajemen strategi, proses manajemen strategi, memilih strategi dan evaluasi strategi.

 

 

 

 

MATAKULIAH                                        : PENGANTAR MANAJEMEN (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Memberikan pengertian kosep, teori, pendekatan dan praktek manajemen. Pembahasannya ditekankan pada ketrampilan konseptual dan teknis. Guna mencapai harapan tersebut pemberian materi disajikan dalam bentuk kuliah, tanya jawab (diskusi) dan pemberi tugas.

 

MATAKULIAH                                        : METODOLOGI PENELITIAN (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                

Mahasiswa mampu membuat disain penelitian ilmiah yang meliputi suatu rangkaian proses persiapan, pengumpulan data, penguraiannya dan pelaporan hasil. Hasil penelitian yang benar hanya bisa ditarik apabila dilandaskan pada premis-premis yang valid dan penalaran yang tepat.

 

MATAKULIAH                                        : MANAJEMAN KEUANGAN (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Membahas berbagai pengetahuan manajemen keuangan untuk memberi wawasan yang lebih mendalam terutama yang berkaitan denga pengambilan keputusan dalam jangka panjang dan penerapan model-model keuangan. Matakuliah ini meliputi : sumber pendanaan jangka panjang, analisa dan perencanaan keuangan, keputusan pembelanjaan dan investasi serta permasalahan keuangan dalam bisnis interansional.

 

MATAKULIAH                                        : PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER (2 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                

Dibahas tentang perangkat keras, perangkat lunak, program aplikasi yang banyak digunakan dalam membuat analisis dan laporan, serta dibahas pula istilah-istilah teknis dan sistem database komputer yang berbasis jaringan.

 

MATAKULIAH                                        : PERENCANAAN PEMBANGUNAN (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Merupakan analisis tentang perencanaan secara kuantitatif yang berbasis pada teori-teori mengenai konsep, klasifikasi serta aspek teknis perencanaan antar sector, wilayah terpadu maupun nasional.

 

MATAKULIAH                                        : EKONOMETRIKA (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT                 

Memberikan landasan teori dan penerapan metode ekonometrika untuk penelitian-ekonomi, khusunya penelitian manajemen. Titik berat pembahasan terutama pada konsep-konsep dasar, tahapan yang benar sesuai dengan metode ekonometrika dan asumsi klasik.

 

MATAKULIAH                                        : PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT

Mata kuliah ini mencakup bagaimana proses pembangunan daerah dilaksanakan dalam konteks otonomi daerah, membuat teknik analisis pembangunan ekonomi daerah, memilih berbagai strategi pembangunan ekonomi daerah, pengembangan potensi ekonomi daerah, pembangunan ekonomi berlandaskan pendekatan institusional, mempersiapkan project plan secara terperinci, strategi pembangunan ekonomi daerah dengan menggunakan high technologi.

 

 

 

MATAKULIAH                                        : EVALUASI PROYEK (3 SKS)

DESKRIPSI SINGKAT

Matakuliah ini membahas tentang penilaian kelayakan proyek yang mempertimbangkan pemenuhan kebutuhan lintas funsi  atau lintas organisasi dalam kegiatan opersi/proyek.

 

 

Profil Laboratorium Program Studi  Ekonomi Pembangunan

 

No

Nama Laboratorium

Isi Praktikum

Sarana Pendukung

Materi Praktikum

Jam Per Judul/Modul

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

1.

Lab. Statistik

Terapan program aplikasi yang banyak digunakan dalam penelitian dan analisis data.

1,5

36 Komputer Pentium 4,00, Modul Kerja, LCD, AC

2.

LAB. Aplikasi Komputer

Terapan program aplikasi yang banyak digunakan dalam membuat analisis dan laporan/ pengolahan data

1,5

36 Komputer Pentium 4,00, Modul Kerja, LCD, AC

3.

LAB. Analiasa Kuantitatif

Terapan program aplikasi yang banyak digunakan dalam  analisis data  kuantitatif

1,5

36 Komputer Pentium 4,00, Modul Kerja, LCD, AC

4.

Lab. Perbankan

Terapan program aplikasi dalam pemahaman produk perbankan, management funding, management kredit, jasa-jasa bank, sumber dan penggunaan dana bank, analisa laporan keuangan bank dan fungsi custumer service dan teller.

1,5

36 Komputer Pentium 4,00, Modul Kerja, LCD, AC

5.

Lab. Perencanaan Kota / Daerah

Terapan program aplikasi yang digunakan dalam analisis LQ dan analisis Shift Share.

1,5

36 Komputer Pentium 4,00, Modul Kerja, LCD, AC

6.

Lab. Investasi Keuangan

Terapan program aplikasi penilaian investasi, evaluasi kelayakan proyek, penilaian harga obligasi dan penilaian harga saham.

1,5

36 Komputer Pentium 4,00, Modul Kerja, LCD, AC

7.

Lab. Ekonometrika

Terapan progam aplikasi dalam penentuan model analisis dalam penelitian dan pengolahan data dengan program SPSS, Eviews dan AMOS

1,5

36 Komputer Pentium 4,00, Modul Kerja, LCD, AC

 

Last Updated on Wednesday, 24 July 2013 09:43
 

bottom

Copyright ©2009. UPN “VETERAN” Jawa Timur Powered by Fakultas Ekonomi.